News

Tata Cara Perpanjangan SIM dan Biaya

0

Jakarta – Salah satu perlengkapan wajib bagi pengemudi kendaraan bermotor adalah Surat Ijin Mengemudi (SIM). Kartu SIM ini wajib dibawa ketika pengendara bepergian mengemudikan kendaraan. SIM tidak hanya sekali membuat saja, karena memiliki masa berlaku dan harus diperpanjang ketika masa aktifnya akan habis.

Aturan berkendara yang cukup ketat mengharuskan Anda untuk waspada dan selalu memperhatikan hal tersebut, karena polisi sering melakukan razia dan mengecek kelengkapan surat para pengendara di jalan. Memperpanjang masa berlaku SIM sendiri bisa dilakukan di kantor polisi yang sudah disediakan untuk melayani hal tersebut atau layanan perpanjangan SIM keliling yang sekarang marak.

Anda tidak perlu membuang-buang waktu lagi untuk mengantur atau mendatangi kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap atau yang biasa kita kenal dengan samsat. untuk perpanjangan SIM mobil mobil khusus Anda bisa menetemukan layanan ini pada titik-titik tertentu yang dekat dengan lokasi Anda.

Sayangnya layanan ini baru di berlakukan untuk perpanjangan SIM saja. sedang sedangkan untuk layanan pembuatan SIM anda harus tetap mebuatnya di kantor Samsat yang telah yang dekat dengan anda. Meski begitu, layanan SIM keliling ini cukup membantu untuk menghemat waktu anda, terutama oleh mereka yang berada cukup jauh dari lokasi kantor Samsat.

Tidak semua SIM bisa diperpanjang di layanan SIM keliling dan harus dilakukan di kantor Samsat. Perpanjangan SIM yang bisa dilakukan hanya terbatas untuk pengguna yang memiliki kendaraan bermotor (C) dan juga SIM mobil (A), sedangkan untuk pengguna SIM jenis lainnya harus dilakukan secara langsung di kantor Samsat.

Proses perpanjangan SIM keliling bisa dilakukan ketika masa berlaku SIM habis, masyarakat diberikan waktu dari masa waktu habis sebanyak 14 hari.

SIM yang bisa diproses untuk diperpanjang di layanan SIM keliling adalah SIM dengan masa berlaku yang sudah habis maksimal selama 3 bulan (dihitung dari tanggal masa berlaku habis), sedangkan untuk masa berlaku lebih dari itu, perpanjangan SIM harus dilakukan di kantor Samsat. Sesuai dengan Prosedur yang sudah ditetapkan.

Tata cara perpanjang SIM yang pertama adalah datangi mobil khusus layanan SIM keliling terdekat. Hal ini bisa dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh mereka, sebab bisa saja layanan tersebut hanya ada pada hari-hari tertentu saja di lokasi yang bersangkutan. Mengisi formulir permohonan dengan data diri yang lengkap dan benar, dan jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan pada kolom yang tersedia di sana.

Setelah dipanggil oleh petugas, akan dilakukan penyamaan data diri dengan data pada formulir yang telah diisi, pemindaian sidik jari dan juga tanda tangan.

Selanjutnya proses menunggu SIM tersebut selesai dicetak, dan semua proses ini berlangsung di dalam kendaraan layanan SIM keliling, termasuk proses pembayaran sejumlah biaya yang akan dibutuhkan.

Untuk biaya perpanjangna SIM sendiri, di layanan SIM keliling, untuk perpanjangan SIM A dikenakan biaya sebesar Rp 140 ribu, sedangkan untuk SIM C dikenakan biaya sebesar Rp 135 ribu.

Helmi Kamal Lubis Percaya Industri Migas Indonesia

Previous article

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy C10

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in News