Belum lama ini perusahaan HMD Global telah mengeluarkan smartphone Nokia versi terbaru yaitu Nokia 8.1 di Eropa. Dilihat dari spesifikasi desain dan hardware, Nokia 8.1 ini sangat mirip dengan Nokia X7.

Dengan layar 6,18 inci dengan revolusi Full HD+ yaitu 2280 x 1080 piksel, serta menghadirkan teknologi IPS, dan memiliki rasio 19:9 di bagian depan menyerupai iPhone yang berbentuk poni atau notch.

Tidak semua orang menyukai fitur ber-poni ini, karena mampu mengurangi sebagian bezel layar atasnya. Sebab itu, pengguna dapat menghilangkan fitur ber-poni ini dengan fitur Hide Notch sehingga bagian atas layar terlihat rata.

Nokia 8.1 ini mampu memanjakan pecinta selfie, yang dilengkapi kamera depan dengan revolusi 20 MP yang mampu menghasilkan foto selfie maupun wefie dengan kualitas gambar yang bagus.

Sementara itu, dua kamera belakang memiliki kombinasi antara kamera primer dengan 12 MP berlensa Zeiss dan kamera sekunder yang dilengkapi dengan OIS dan LED Flash yang mampu menghasilkan foto bokeh dengan hasil yang bagus.

Processornya dipercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 710 Octa-core yang bertenaga dan teknologi proses 10nm yang dapat menghemat konsumsi daya baterai dan lebih efisien.

Dengan RAM 4 GB serta penyimpanan internal 64 GB, Nokia 8.1 ini mampu mengimbangi chipset yang terdapat di dalamnya. Namun apabila pengguna merasa kurang puas dengan penyimpanan internal tersebut dapat menambahkan microSD hingga 400 GB.

Dengan kapasitas hardware yang mumpuni serta kapasitas baterai 3500 mAh, smartphone ini mampu menjalankan aplikasi game dengan lancar.

Nokia 8.1 ini juga dilengkapi dengan fitur 18W fast charging yang mampu mempercepat pengisian daya. Namun di sisi lain, Nokia 8.1 ini masih seperti smartphone android pada umumnya yang mengikuti proyek Android One.

Perangkat dari Nokia 8.1 ini telah menggunakan sistem operasi Android 9 Pie yang mendapatkan update sangat bagus hingga 2 tahun dari Google, sehingga smartphone android ini akan langsung kebagian Android 10 Q dan Android 11 R di tahun mendatang.

Nokia 8.1 ini juga mendapatkan dukungan jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, fingerprint, serta face unlock.

Smartphone ini telah dijual di Eropa di bulan Desember ini dengan harga 399 Euro atau setara dengan Rp 6,5 juta.

Spesifikasi Nokia 8.1

  • Layar 6,18 inci Full HD+ (2280 x 1080 piksel)
  • Rasio Layar 19:9
  • Kamera Depan 20 MP
  • Kamera Belakang Primer 12 MP Zeiss Sekunder OIS dan LED Flash
  • RAM 4 GB
  • Ruang Penyimpanan 64 GB
  • Baterai 3.500 mAh
  • Sistem operasi Android 9 Pie

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here