Konawe, Sultra – Dalam perayaan Hari Ualng Tahun(HUT) Kemerdekaan Repulik Indnesia (RI) ke-73 serta menyambut Hari Raya Idul Adha 1439 H, PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) menggelar Upacara Bendera dilanjutkan dengan Pesta Rakyat dan menyumbang hewan kurban bagi masyarakat di lingkungan sekitar pabrik di kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra). Rangkaian acara yang selenggarakan PT VDNI merupakan wujud dari semangat peduli dan membangun masyarakat Sultra.

Rangkaian acara yang dimulai dengan Upacara Bendera kemerdekaan HUT TI ke-73 pada 17 Agustus ini berlangsung di lapangan pabrik PT VDNI (Virtue Dragon Nickel Industry). Pengibaran dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Kartika XX-2 Kendari sebanyak 35 siswa dan siswi.

“Upacara perayaan hari kemerdekaan RI ke-73 yang kami laksanakan saat ini merupakan salah satu cara kita untuk bersyukur kepada Tuhan YME dan menghormati hasil perjuangan para pahlawan nasional,” ujar Rudi Rusmadi, General Manager PT VDNI.

Upacara bendera yang berlangsung khidmat ini diikuti oleh sekitar 200 orang yang terdiri dari para karyawan PT VDNI di Morosi, baik Tenaga Kerja Indonesia maupun Tenaga Kerja Asing, manajemen PT VDNI, serta para pejabat daerah setempat dan undangan VIP.

Donor Darah dan Pesta Rakyat PT Virtue Dragon Nickel Industry

Setelah Upacara bendera dilanjutkan dengan kegiatan donor darah lalu digelar Pesta Rakyat oleh PT VDNI yang masih dalam rangkaian peringatan HUT RI ke-73.  Dalam acara donor darah ini, PT VDNI menargetkan bisa mengumpulkan 200 labu darah sebagai bentuk kepedulian kepada para pasien yang membutuhkan darah di wilayah Kendari. Pesta Rakyat digelar di lapangan Kecamatan Morosi, pada hari Sabtu, 18 Agustus 2018. Pelaksanaan Pesta Rakyat tersebut dilakukan sebagai bukti kepedulian PT VDNI kepada masyarakat sekitar dengan menyuguhkan kemeriahan dalam bentuk sebuah pesta hiburan dan perlombaan.

“PT VDNI yang merupakan bagian dari masyarakat daerah sekitar berkomitmen untuk selalu peduli dan membangun kesejahteraan masyarakat di daerah ini. Salah satu bentuk kepedulian yang kami lakukan adalah perayaan pesta rakyat yang kami harapkan dapat menjadi bagian dari kebersamaan PT VDNI di tengah masyarakat,” ujar Rudi.

Hiburan musik dari para artis lokal yang telah dikenal di tengah masyarakat Morosi antara lain Boim Saranani dan Nena Konawe, serta lomba tari tradisional Malulo diselenggarakan dalam pesta rakyat kali ini. “Kami harap, dengan diselenggarakannya lomba tari tradisional Malulo, hal tersebut dapat menjadi salah satu usaha untuk menjaga kelestarian nilai budaya lokal bagi masyarakat Morosi,” tambahnya.

PT VDNI Sambut Idul Adha 1439 H tahun 2018 M

Tak hanya menyelenggarakan perayaan HUT RI ke-73, PT VDNI juga mengadakan kegiatan kepedulian sosial dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha, 10 Dzulhijah, 1439 H, yang akan jatuh pada hari Rabu, 22 Agustus 2018. Dalam kesempatan tersebut, PT VDNI Indonesia menyumbangkan 23 ekor sapi untuk disebarkan di tiga kecamatan di sekitar pabrik PT VDNI yaitu Kecamatan Morosi, Kecamatan Bondoala dan Kecamatan Kapuela untuk dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi masyarakat sesuai dengan semangat ber-qurban.

Seperti diketahui, melakukan qurban dalam Islam adalah ibadah yang sangat ditekankan untuk dilakukan bagi mereka yang memiliki kecukupan rezeki. Memotong hewan qurban seperti kambing atau sapi, merupakan salah satu perwujudan ibadah yang mengedepankan keikhlasan dan kesabaran dalam menjalankan perintah Allah SWT.

“Di sisi lain, dengan ber-qurban, juga akan hadir nilai kepedulian kepada lingkungan sekitar, karena di hari istimewa tersebut, masyarakat yang selama ini sangat jarang dapat mengkonsumsi daging, bisa mendapatkannya dan menikmatinya bersama-sama keluarga. Hari raya Idul Adha bahkan bisa disebut sebagai salah satu waktu dimana umat Islam dapat bergembira bersama dengan saling berbagi dan berkumpul,” ujar Rudi.

Dengan semangat hari raya qurban inilah, PT VDNI menyumbangkan 23 sapi untuk dapat saling berbagi dengan masyarakat sekitar pabrik, sehingga semua orang, baik yang melakukan qurban maupun yang tidak, dapat merasakan kebahagiaan yang sama.

Semua kegiatan yang diselenggarakan oleh PT VDNI tersebut, dilakukan dengan semangat peduli dan membangun. Apa yang dilakukan diharap dapat menjadi hal yang bermanfaat dan menjadikan persatuan yang semakin kuat untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat, lingkungan dan negara Indonesia, saat ini dan di masa yang akan datang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here