Aturan pembatasan kendaraan bermotor berdasarkan pelat nomor ganjil-genap di beberapa ruas jalan di Jakarta resmi diberlakukan. Kendaraan yang tidak mematuhi aturan ganjil-genap ini akan dikenakan sanksi. Untuk menghindari sanksi, pengguna kendaraan dapat mencari rute alternatif dengan aplikasi peta Waze maupun Google Maps untuk Android maupun iOS.

Untuk mencari rute alternatif ganjil-genap di ruas jalanan di Jakarta melalui Waze dan Google Maps, pengguna harus tersambung dengan akses internet dan menyaalakan GPS pada perangkatnya. Berikut ini cara cek jalur alternatif pada Waze dan Google Maps.

Waze

Untuk mengecek jalur alternatif di Waze, buka menu “setting”. Kemudian pilih menu “navigasi” dan lanjutkan ke menu “license plate restriction” atau “pembatasan pelat nomor” yang berada di paling bawah.

Lalu akan muncul kolom untuk memasukkan dua digit terakhir nomor pelat kendaraan bermotor pengguna. Nantinya, secara otomatis Waze akan menyesuaikan rute sesuai implementasi peraturan ganjil-genap. Dengan begitu, pengguna bisa mencari rute alternatif lain agar terhindar dari aturan tersebut.

Google Maps

Pengguna harus memasukan dulu lokasi tujuan. Lalu pilih menu “setting” dan pilih “route options”. Setelah muncul rute yang harus dilalui, klik tulisan “Menghindari jalan khusus pelat nomor ganjil/genap”.

Maka akan muncul pop-up berisi opsi, apakah pelat nomor kendaraan Anda ganjil atau genap. Penentuan angka ganjil dan genap ditentukan oleh satu digit nomor terakhir. Kemudian akan terlihat rute mana yang sebaiknya Anda gunakan untuk menghindari aturan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here